Tue. Sep 26th, 2023

PT Isuzu Astra Motor (IAMI) pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 meluncurkan 3 produk baru sekaligus. Salah satunya adalah generasi anyar dari Isuzu mu-X berpenggerak 4×4.

Pada model all new-nya, ini Isuzu mu-X kedapatan ubahan signifikan pada bagian eksterior, interior, fitur, bahkan sampai ke mesin. Yap, membuatnya semakin siap menantang Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Lantas, modal apa saja yang dimiliki¬†all new Isuzu mu-X 4×4¬†edisi 2021 buat berkompetisi di segmen SUV Ladder Frame Tanah Air? Mari kita ulas satu per satu.

Desain Eksterior Lebih Segar

Kita awali dari bagian depan, desain fascia kini mengalami revisi total. Di sektor penerangan kini menggunakan headlight LED dengan pemanis lampu DRL (daytime running light). Desain lampunya sedikit lebih tirus dibanding generasi sebelumnya.

Kesan tangguhnya makin terpancar berkat penggunaan model grill baru, kini lebih berotot dan menggunakan warna hitam. Desain bumper-nya sedikit mengalir ke bagian bawah bodi depan.

Di buritan, lampu stopnya kini sudah LED yang hasilnya membuat tampilan belakang lebih segar. Kemudian bumper depan dan belakang berubah. Menyesuaikan guratan tajam di bagian bodi.

Sementara di samping, SUV jagoan Isuzu itu masih menggunakan velg alloy dengan lingkar 17 inci namun mendapat pembaruan desain. Tarikan garis tegas di samping bodi juga masih dipertahankan. Untuk dimensinya, dia punya panjang 4.850 mm, lebar 1.870, tinggi 1.815 mm. Kemudian wheelbasenya bermain di 2.855 mm dengan racikan ground clearance 230 mm.

Interior All New Isuzu mu-X

Masuk ke dalam kabin, nuansanya kini lebih agresif. Warna yang digunakan dominan hitam dan memadukan dengan sedikit aksen krom. Bahan bangkunya menggunakan tipe fabric yang membuatnya jauh lebih elegan.

Untuk menunjang kenyamanan, lingkar kemudi sudah kedapatan opsi pengaturan tilt dan telescopic. Tentu juga ada beberapa tombol yang memudahkan untuk mengatur fitur hiburan.

Head unit Isuzu mu-X dibekali dengan layar ukuran 7 inch yang sudah mendukung Android Auto, Apple Carplay, kamera mundur, parking sensor, electric parking brake, dan auto hold ang semakin menambah kemudahan dan kenyamanan saat berkendara maupun saat memarkir kendaraan.

Ragam Fitur Baru

Sebagai mobil tangguh yang bisa berjalan di dua alam, all new Isuzu mu-X kedapatan teknologi drive mode khusus jalan offroad. Menggunakan Rough Terrain mode diklaim membuat traksi lebih sempurna.

Selain itu, generasi terbaru dari Isuzu mu-X juga dibekali peranti keselamatan dan kenyamanan modern seperti di bawah ini:

  • ABS (Anti-Lock Brake System)
  • EBD (Electronic Brake-force Distribution)
  • BA (Brake Assist)
  • ESC (Electronic Stability Control) TCS (Traction Control System)
  • HSA (Hill Start Assist)
  • HDC (Hill Descent Control)
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Follow Me Home
  • Immobilizer

Sayangnya untuk all new Isuzu mu-X yang hadir di GIIAS 2021 belum dilengkapi dengan bantuan mengemudi aktif atau Isuzu Matrix Safety Intelligence seperti di negara-negara tetangga.

Mesin Ringkas Tapi Bertenaga

Pada generasi baru ini, Isuzu mu-X menanggalkan mesin lama 2,5L 4-silinder diesel dan digantikan dengan mesin 1.9L. Meski kapasitasnya terbilang kecil, jantung pacu itu dibekali dengan turbo yang membuat mobil ini punya tenaga dan torsi yang besar.

Di balik kap bersemayam mesin RZ4E-TC 1,9 liter, 16 katup, intercooled VFS dengan induksi turbo yang mampu memproduksi tenaga sampai 150 PS pada 3.600 rpm dan torsi puncak 350 Nm sejak 1.800 rpm sampai 2.600 rpm. Output itu disalurkan langsung pada keempat rodanya dengan transmisi otomatik triptonic 6-percepatan.

Harga dan Target Pasar

Saat pengenalannya di GIIAS 2021, Vice President Director PT IAMI Jap Ernando Demily mengatakan, Isuzu mu-X hadir sebagai pilihan baru di bisnis areal industri seperti pertambangan atau perkebunan. Namun tetap menyasar dan menggaet konsumen car passanger.

“Fokus Isuzu di bisnis Commercial Vehicle dan menyasar segmen tambang, plantation, oil & gas, dan rental company, Isuzu melalui kendaraan ini harapannya dapat menjadi real working partner bagi konsumen,” katanya.

Pabrikan bahkan mengklaim Isuzu mu-X bisa dikendarai melewati sungai dengan kedalaman sampai 80 cm. Jadi ketika bertemu kubangan di area perkebunan, tambang, atau sebagainya, mu-X bisa melewatinya dengan mudah.

Isuzu mu-X terbaru juga sudah dibekali dengan protektor khusus di bagian kolong depan hingga ke belakang. Menawarkan keamanan ekstra ketika memacu mobil di jalanan ekstrem.

Jika berminat membeli mobil ini, pabrikan hanya menawarkan dalam 1 varian saja dan dijual dengan banderol Rp 559.800.000 OTR. Mahar tersebut diset dan bersaing ketat dengan Toyota Fortuner VRZ yang dijual Rp 539.100.000. Sementara Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4X4 dilego Rp 698.700.000. (Kit/Raju)

By isuzulampungerik

Isuzu Lampung 0852-7972-0124

Leave a Reply

Your email address will not be published.